Breaking News

Perbedaan Domain gTLD, ccTLD, SLD dan 3LD

 Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi alamat IP web server atau email server dalam hal ini termasuk blog anda.



Sebelum membahas perbedaan domain gTLD dengan ccTLD, saya akan menjelaskan apa itu TLD atau Top Level Domain. TLD adalah akhiran dari nama domain. Contoh blog saya ini namanya www.tutorialdasar.net sedangkan TLDnya adalah .net. Saya rasa sudah jelas ya. Singkat asal jelas.

Apa kepanjangan gTLD dan ccTLD? gTLD itu singkatan dari general Top Level Domain sedangkan ccTLD singkatan dari code country Top Level Domain. Keduanya merupakan jenis dari Top Level Domain.

Perbedaannya adalah gTLD itu bersifat umum. Contoh yang biasanya kita lihat adalah akhiran .com, .net, .edu, .gov. Sedangkan ccTLD itu akhiran berdasarkan negara, Contohnya Indonesia menggunakan .id , India menggunakan akhiran .in, Singapura menggunakan .sg. Saya rasa sudah jelas ya.


Nah sekarang apa itu SLD? kepanjangannya adalah Second Level Domain. SLD itu sebenarnya nama domain kita. Contoh www.tutorialdasar.net. Berarti nama SLD nya adalah tutorialdasar.

Apa itu 3LD? kepanjangannya adalah Third Level Domain. 3LD biasanya dikenal dengan sebutan sub domain. Contoh www.cara.tutorialdasar.net Nah kata cara adalah sub domain atau 3LD. Jika ingin membuat 3LD tentunya harus mempunyai TLD dan hosting sendiri bukan gratisan dari blogger.

Berikut contoh gabarnya:


sekian artikel dari saya semoga berguma dan bermanfaat... SEE YOU NEXT TIME!

1 comment: